Speak in your language

Apa itu VVT-i pada Daihatsu Xenia

Tidak ada salahnya bagi kita sebagai pengguna mengenal sedikit tentang mesin yang kita gunakan dalam berkendara, dimana sejak peluncuran Xenia generasi kedua ditahun 2006 sudah mengadopsi teknologi VVT-i. Nah apa itu VVT-i, mari kita simak bersama yang saya olah dari berbagai sumber

Mesin VVT-i

Mesin berteknologi VVT-i (Variable Valve Timing with intelligence) adalah mesin berteknologi variable valve timing yang dikembangkan oleh Toyota. VVT-i menggantikan teknologi VVT Toyota yang sudah mulai diterapkan tahun 1991. Mesin yang sudah VVT-i diklaim membuat mesin semakin efisien dan bertenaga, ramah lingkungan serta hemat bahan bakar.



Dasar dari VVT-i adalah mengoptimalkan torsi mesin pada setiap kecepatan dan kondisi pengemudian yang membuat konsumsi BBM menjadi lebih efisien dan menurunka tingkat emisi bahan bakar serendah mungkin. Bagaimana cara kerjanya? Cara kerjanya cukup sederhana. Untuk menghitung waktu buka tutup katup (valve timing) yang optimal, ECU (Electronic Control Unit) menyesuaikan dengan kecepatan mesin, volume udara masuk, posisi throttle (akselerator) dan temperatur air. Agar target valve timing selalu tercapai, sensor posisi chamshaft atau crankshaft memberikan sinyal sebagai respon koreksi. Bahasa sederhananya sistem VVT-i akan terus mengoreksi valve timing atau jalur keluar masuk bahan bakar dan udara. Disesuaikan dengan pijakan pedal gas dan beban yang ditanggung demi menghasilkan torsi optimal di setiap putaran dan beban mesin.

Adopsi teknologi VVT-i ke mesin mobil juga memberikan kelebihan minimnya biaya pemeliharaan yang harus ditanggung. Sebab tune-up seperti setel klep dan lain sebagainya tidak diperlukan lagi. Namun demikian, sebaiknya tetap lakukan service berkala, hindari sembarangan bengkel, dan gunakan oli mesin dengan grade yang dibutuhkan sesuai dengan manual yang dikeluarkan pihak pabrikan mobil. Memilih sembarang bengkel untuk mobil ini menjadi pantangan, pasalnya mesin ini memerlukan komputer diagnosa khusus yang hanya tersedia dibengkel resminya.

Mungkin lebih mudah bila melihat ilustrasi video berikut yang didapat dari youtube.com


Teknik Mengendarai Xenia dengan teknologi VVT-i

Mengendarai mobil bermesin VVT-i dengan benar dapat menghemat penggunaan bahan bakar sampai 30% dibanding mesin konvensional. Namun, mengendarai secara asal menghasilkan pemborosan sampai 20% dibanding mesin konvensional. Dibanding mesin konvensional, mesin VVT-i menghasilkan torsi yang besar pada putaran mesin rendah dan tenaga kuda (horsepower) yang berlimpah padan putaran mesin tinggi. Nah berikut ini adalah tips mengendarai mesin VVT-i

Pertama, pelajari karakteristik mesin VVT-i. Biasanya timing akan berubah antara putaran rendah dan putaran cepat pada 3000 rpm. Ini dapat dirasakan biasanya akselerasi lebih cepat setelah melewati rpm tersebut.

Kedua, kemudian cek pada putaran mesin berapa kendaraan bisa bergerak (jalan rata dan datar). Ini adalah rpm terendah dimana VVT-i menghasilkan 90% torsi , biasanya 2000 rpm.

Ketiga, kemudian anda perlu mengganti kebiasaan berkendara anda. Pindah gigi sesaat sebelum terjadi perubahan timing, misal di 3000 rpm terjadi perubahan timing maka, pindah gigi saat 2950 rpm.


Ref:
http://id.wikipedia.org/wiki/Mesin_VVT-i
http://www.sonylin.net/car/driving_vvti_engine.php

9 comments:

  1. Great information & nice Blog...

    Improvement Xenia makin oke aja, persaingan Xenia vs Ertiga jadi semakin seru.

    Bravo Xenia!

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. tolong dijelaskan dengan bahasa yg lebih mudah dipahami ,cara mengendarai ANEX supaya irit bahan bakar.
    terima kasih.
    wakhid,sragen,jateng.

    ReplyDelete
  4. apa benar xenia li vvti tdk perlu lagi stel klep, dan oli apa yg cocok buat xenia li vvti mkasih

    ReplyDelete
  5. apa benar xenia li vvti tdk perlu lagi stel klep, dan oli apa yg cocok buat xenia li vvti mkasih

    ReplyDelete
  6. Maaf numpang nanya :
    Mobil saya xenia th 2006 cc 1300
    # kenapa ya saat mesin panas ( perjalanan jauh ) sering gas nya naik sendiri ( besar sendiri )
    # bagaimana penyelesaian ( perbaikannya ) / apa yang membuat mesin mobil menjadi seperti itu ?

    ReplyDelete
  7. Apa semua Xenia Li itu VVT-i? Punya saya Li tahun 2006

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Lumayan mas banyak juga pengunjung blognya ya...
    Makin laris nih jualannya..
    Salam dari saya Daihatsu Bali.
    Mohon kunjungan dan komennya.

    ReplyDelete

Paling Populer Minggu Ini