Translate

Paling Populer Minggu Ini

Mengenal Cara Kerja Airbag

Tidak ada salahnya kita mengetahui sekilas tentang fitur safety berupa airbag.  Kini mobil sejuta umat Avanza dan Xenia generasi minor change 2013 telah dilengkapi dengan fitur keamanan Airbag ini.

Di dunia secara statistik, Airbag telah menyelamatkan ribuan nyawa sejak diperkenalkan pada awal tahun 1980. Jika kendaraan Anda mengalami sesuatu, airbag Anda dapat mengembang dalam waktu kurang dari sepersepuluh detik untuk melindungi Anda dari kekuatan sebuah tabrakan.



Ada tiga bagian airbag. Pertama, airbag itu sendiri, yang terbuat dari kain nilon tipis dan dilipat ke dalam roda kemudi atau dashboard. Kemudian ada sensor yang memberitahu airbag untuk mengembang. Sensor mendeteksi kekuatan tabrakan. Terakhir, ada sistem inflasi. Kantong udara sebenarnya digelembungkan oleh solid rocket booster. Natrium azida (NaN3) dan kalium nitrat (KNO3) bereaksi sangat cepat untuk menghasilkan tiupan besar gas nitrogen panas. Gas ini mengembangkan airbag, (meledak dari roda kemudi atau dashboard seperti mengembang). Sekitar satu detik kemudian, airbag sudah mengempis (memiliki lubang di dalamnya) agar Anda bisa keluar dari kendaraan.

Ilustrasi cara kerja Airbag sbb:

Sumber

http://auto.howstuffworks.com/car-driving-safety/safety-regulatory-devices/question130.htm
http://www.youtube.com/watch?v=9gZJDBh51c0

Tidak ada komentar:

Posting Komentar