Speak in your language

Lintas Timur Sumatera Bakauheni Pekanbaru dengan Daihatsu Xenia Xi

Mudik lebaran 2013 ini, kami berkesempatan melakukan perjalanan mudik dari Bakauheni Lampung ke Pekanbaru menggunakan Daihatsu Xenia 1.3. Total kilometer sekitar 1200 km. Perjalanan ini dibuat menjadi tiga bagian yaitu Bakauheni - Palembang, Palembang - Jambi, dan Jambi Pekanbaru.
Di mudik tahun 2013 ini, secara umum kondisi jalan baik, hanya beberapa titik saja yang masih mengalami kerusakan ringan. Berikut foto-foto selama perjalanan melalui lintas timur Sumatera.


Bagian 1: Bakauheni - Palembang
Untuk bagian pertama ini, saya memilih lintas timur, karena didapat info saat pembicaraan di kapal feri dengan beberapa supir merekomendasikan lintas timur ini. Secara umum kondisi jalan Bakauheni ke Palembang dalam kondisi baik, namun ada beberapa ruas yang masih belum tersentuh perbaikan. Total jarak kurang lebih 470 km, siapkan waktu yang cukup bila melintas di area ini karena paling tidak butuh waktu 12-13 jam perjalanan sudah termasuk waktu istirahat.
Lintas Timur Bakauheni - Palembang
Lintas Timur
Tiba di Palembang
Bagian 2. Palembang - Jambi
Bagian kedua ini, kondisi jalan relatif bagus, mulus dan sepi, total jarak kilometer 300 km dengan waktu tempuh sekitar tujuh jam.
Lintas Palembang Jambi Mulus dan Sepi
Tiba di Jambi, masih terang
 Bagian 3. Jambi - Palembang
Bagian ketiga ini, kondisi jalan relatif bagus, namun saat masuk propinsi Riau kondisi jalan sedang dalam perbaikan / betonisasi. Sehingga diberlakukan sistim buka tutup, kurang lebih ada 7 titik buka tutup yang diberlakukan. Siapkan waktu yang cukup bila menempuh rute ini, karena total jarak tempuh sekitar 460 km dengan waktu sekitar 11-12 jam perjalanan termasuk istirahat.
Jambi Mulus
 Masuk Riau jalan beton belum rampung


Ok demikian liputan singkatnya, kelihatan mudik tahun depan kondisi lintas Timur akan lebih baik semoga.









No comments:

Post a Comment

Paling Populer Minggu Ini